Damanik, Chassey Widya (2022) PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI FUNGI KELAS X DI SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183341037 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM 4183341037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
3. NIM 4183341037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 4183341037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM 4183341037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
9. NIM 4183341037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM 4183341037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
14. NIM 4183341037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi fungi. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru Bidang Studi Biologi dan peserta didik kelas X IPA-1 SMA NEGERI 4 Medan.pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar validasi dan lembar tanggapan/respon. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Perancangan LKPD interaktif berbasis PBL menggunakan model pengembangan model 4-D yaitu yang terdiri dari tahap Define, Desing, Development, dan Disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development. Hasil penelitian pengembangan LKPD interaktif berbasis PBL berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 96,1% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 97,2% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain diperoleh rata- rata persentase 85% dengan kriteria sangat layak, penilaian guru biologi diperoleh rata-rata persentase 96,8% dengan kriteria sangat layak, dan hasil tanggapan peserta didik diperoleh rata-rata persentase 98,03% dengan kriteria sangat layak. Hasil dari keterampilan memecahkan masalah pada aktivitas LKPD didapatkan kriteria baik sehingga sesuai dengan isi konten LKPD interaktif berbasis problem based learning (PBL).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 047 |
Keywords: | Problem based learning; Fungi; Lembar kerja peserta didik; Bahan ajar; Liveworksheet |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 04:41 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54556 |