Stevani, Melina Angelita (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANCUR BATU T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4193151026 COVER.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2. 4193151026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
3. 4193151026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
4. 4193151026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. 4193151026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (939kB) | Preview
9. 4193151026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
13. 4193151026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
14. 4193151026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains materi sistem peredaran darah pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-4 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PBL dan kelas VIII-7 (Kelas Kontrol) tanpa model pembelajaran PBL. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Data rata-rata pretest dan posttest kemampuan kognitif pada kelas eksperimen masing masing adalah 40,2 dan 82,7 dan pada kelas kontrol 38,2 dan 74,1. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan kognitif materi sistem peredaran darah kelas VIII di SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Data rata- rata persentase akhir keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 79,94% dan 69,56%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan proses sains materi sistem peredaran darah kelas VIII di SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains pada materi sistem peredaran darah kognitif kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 IPA 015 |
Keywords: | Sistem peredaran darah; Keterampilan proses sains; Kemampuan kognitif; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 08:22 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54474 |