Hasugian, Dahlan Veronika (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4192431002 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 4192431002 APPR2OVAL SHEET'.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
3. NIM 4192431002 ABSTARCT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM 4192431002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM 4192431002 TABLE OF OCNTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM 4192431002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7. NIM 4192431002 TABLES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
8. NIM 4192431002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
9. NIM 4192431002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 4192431002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
14. NIM 4192431002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati motivasi belajar, hasil belajar, serta korelasi antara motivasi terhadap hasil belajar siswa yang dilakukan di SMAN 13 Medan. Sampel pada penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas pertama sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model problem based learning dan kelas kedua sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah intrumen tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal setelah diuji validasi, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas dan instrumen non-tes berupa angket motivasi sebanyak 20 butir pernyataan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata post-test di kelas eksperimen sebesar 78,57 dengan gain sebesar 0,71 pada kategori tinggi, sedangkan di kelas kontrol sebesar 73,97
dengan gain sebesar 0,65 pada kategori sedang. Motivasi belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 77,89 dengan kategori tinggi dan di kelas kontrol sebesar 72,75 dengan kategori tinggi serta diperoleh bahwa terdapat korelasi
antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dimana rhitung sebesar 0,804 dan rtabel sebesar 0,334. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi asam basa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Asam Basa, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 09:01 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54404 |