Sundari, Cita (2022) PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4181131017 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4181131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 4181131017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4181131017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 4181131017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 4181131017 TABLES.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
7. NIM. 4181131017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM. 4181131017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4181131017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM 4181131017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM 4181131017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media interaktif Articulate Storyline lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan media powerpoint. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil TA 2021/2022 bulan November 2021 di SMA Swasta Al-Hikmah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA yang terdiri dari 2 kelas yaitu X MIPA 1 dan X MIPA 2. Sampel kelas yang digunalan dalam penelitian ini merupakan sampel jenuh dan sampel siswa diambil secara purposive sekitar 25 orang siswa dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Desain penelitian yang digunakan merupakan rancangan Pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan berganda terkait materi ikatan kimia. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan satu kelompok sampel dan dua kelompok sampel. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rataan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media interaktif Articulate Storyline lebih tinggi dari kriteria ketuntasan minimal. Selanjutnya diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media interaktif articulate storyline lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint. Pada kelas yang diajarkan dengan media interaktif articulate storyline didapatkan presentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 92%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Interaktif, Articulate Storyline, Hasil Belajar, Ikatan Kimia. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 08:47 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54403 |