Sembiring, Bilham Aditia (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 4193331027 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 4193331027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 4193331027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 4193331027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 4193331027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 4193331027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 4193331027 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 4193331027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. 4193331027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 4193331027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. 4193331027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis projectpada pokok bahasan kesetimbangan kimia sesuai dengan syarat BSNP, yang meliputi: (1) Kelayakan Isi, (2) Kelayakan Penyajian, (3) Kelayakan Bahasa, dan (4) Kelayakan kegrafikan, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap modul pembelajaran berbasis project pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Penelitianini dikembangkan dengan menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan berupa ADDIE. Penelitian ini dilakukan diUniversitas Negeri Medan (UNIMED) dan SMA Negeri 6 Binjai, Modul pembelajaran tersebut divalidasi oleh Dosen Kimia, Guru Kimia, dan Respon siswa SMA kelas XI MIPAsebanyak 20 siswa . Instrument yang digunakan adalah berupa angket sesuai standar BSNP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengembangan Modul Pembelajaran berbasis project pada pokok bahasan kesetimbangan kimia : (1) Rata-rata Kelayakan isi oleh Dosen 3,7 dan oleh Guru 3,8., (2) Rata-rata Kelayakan Penyajian oleh Dosen 3,6 danoleh Guru 3,7., (3) Rata-rata Kelayakan Bahasa oleh Dosen 3,5 dan oleh Guru 3,7., (4) Rata-rata Kelayakan kegrafikan oleh Dosen 3,9 dan oleh Guru 3,8. Dan hasil rata-rata darirespon siswa sebesar 3,73. Modul pembelajaran berbasis project pada pokok bahasan kesetimbangan kimiayang telah dikembangkan memenuhi syarat kriteria BSNP yaitu : Kelayakan isi, Kelayakan penyajian, Kelayakan Bahasa dan Kelayakan Kegrafikan yang telah diperoleh hasilnya dari validator dosen memiliki rata rata sebesar 3,70 dan validator guru sebesar 3,70 sehingga layak digunakan. Respon peserta didik terhadap modul pembelajaran berbasis project pada pokokbahasan kesetimbangan kimia ini memiliki manfaat dan memberikan dampak positif dan memperoleh nilai respon rata-rata sebesar 3,73.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul Pembelajaran, Project, BSNP. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:16 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54388 |