Sitanggang, Yulan Defiana M (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM SISWA SMPN 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4193151008 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2.NIM 4193151008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
3. NIM 4193151008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 4193151008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM 4193151008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM 4193151008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 4193151008 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM 4193151008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 4193151008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. NIM 4193151008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 4193151008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar materi ekosistem pada kelas VII SMP Negeri 6 Percut Seituan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII1 sebagai Kelas Eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan kelas VII3 sebagai Kelas Kontrol tanpa model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar siswa pada kelas eksperimen masing masing adalah 40,94 dan 84,47 dan pada kelas kontrol 24.24 dan 61.53. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar materi ekosistem di SMP Negeri 6 Percut Seituan T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Ekosistem, Hasil Belajar, Think Talk Write. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 08:27 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54360 |