PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII DI SMPN 4 GAROGA

Pardosi, Sonya (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII DI SMPN 4 GAROGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4183151033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183151033 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183151033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183151033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183151033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183151033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183151033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183151033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183151033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183151033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183151033 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183151033 TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183151033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183151033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183151033 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183151033 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183151033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183151033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183151033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183151033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183151033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183151033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII SMP N 4 Garoga. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen semu yang melibatkan kedua kelas dengan desain pretes-postes. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII-A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 20 orang dan siswa kelas VIII-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban untuk pemecahan masalah pada materi zat aditif dan zat adiktif. Data pretes dan postes pemecahan masalah pada kelas eksperimen adalah 44,25 dan 82,5, sedangkan data pretes dan postes pemecahan masalah pada kelas kontrol adalah 50,25 dan75,5. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa Hasil uji t menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh signifikan terhadap pemecahan masalah siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif di kelas VIII SMP N 4 Garoga T.P 2022/2023, dan terdapat peningkatan N-gain pemecahan masalah. N-gain menunjukkan ada perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 0,667 dan kelas kontrol yaitu 0,5111 masing-masing pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Zat Aditif, Zat Adiktif.
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:56
Last Modified: 15 Feb 2024 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54356

Actions (login required)

View Item
View Item