Aisyah, Izmi (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LAB VIRTUAL OLABS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN DI SMP NEGERI 1 HAMPARAN PERAK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4183351015 COVER.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
2. NIM 4183351015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4183351015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM 4183351015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
5. NIM 4183351015 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
6. NIM 4183351015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM 4183351015 TABLES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
8. NIM 4183351015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM 4183351015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13. NIM 4183351015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM 4183351015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual OLabs terhadap hasil belajar siswa materi struktur dan fungsi tumbuhan di SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Penelitian ini dilakukan dengan metode pra eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Hamparan Perak. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII6. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan memberi pre-test pada awal pertemuan dan post-test pada akhir pertemuan. Sebelum diberikan kepada sampel, tes soal dikembangkan terlebih dahulu melalui validasi ahli. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
melakukan analisis data hasil angket siswa, validasi soal dan melaukan uji Ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre-test dan post-test adalah 26,77 dan 79,12. Hasil pengujian dengan metode uji N-Gain diperoleh
bahwa skor rata-rata 0,71 dengan kriteria tinggi kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual OLabs efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa pada
materi struktur dan fungsi tumbuhan di SMP Negeri 1 Hamparan Perak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Media pembelajaran, Virtual OLabs. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 07:17 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54351 |