Hutabarat, Sabrianto (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA SWASTA HKBP SIBOLGA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4171121031 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 4171121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
3. NIM 4171121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM 4171121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM 4171121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. NIM 4171121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 4171121031 TABLE.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 4171121031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 4171121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM 4171121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM 4171121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil produk E-modul berbasis problem based learning pada materi fluida statis kelas XI SMA Swasta HKBP Sibolga, Untuk mengetahui hasil uji kelayakan e-modul berbasis problem based learning menurut ahli materi dan ahli pembelajaran, dan Untuk mengetahui
tingkat keefektivan e-modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas XI SMA Swasta HKBP Sibolga. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta HKBP Sibolga berlokasi di
Jalan Mayjend Siswomiharjo, Kota Baringin, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bidang studi fisika, siswa di sekolah SMA Swasta HKBP Sibolga yang berjumlah sebanyak 1 orang guru dan 31
siswa, validator ahli materi dan ahli pembelajaran sebanyak 1 orang validator ahli materi dan 1 orang ahli pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket/kuesioner. Penelitian dari data yang telah diperoleh bahwa tingkat validitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangankan uji validitasnya oleh dua dosen dan di peroleh rata-rata berkriteria sangat valid, ahli materi dengan rata-rata keseluruhan aspek 85% dan untuk ahli pembelajaran berada pada rata-rata 84%. Dari data yang telah diperoleh dengan rata-rata seluruh aspek yang diuji
kelayakannya pada e-modul, maka dapat disimpulkan dengan data, yaitu uji kelayakan guru, dari aspek keseluruhan aspek, berada pada rata-rata 84%, ratarata ini berada pada kategori kualitatif sangat layak dan Tingkat keefektifan dapat dilihat berdasarkan hasil rata-rata tes belajar siswa sebanyak 76,93%. Tingkat keefektifan pengembangan e-modul fisika berbasis problem based learning pada materi fluida statis termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | e-modul berbasis problem based learning, fluida statis. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 08:09 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54326 |