Abdillah, Muhammad Taufiq (2023) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4171121021 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 4171121021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
3. NIM. 4171121021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 4171121021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
5. NIM. 4171121021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 4171121021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM. 4171121021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM. 4171121021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9. NIM. 4171121021 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. NIM. 4171121021 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 4171121021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain bahan ajar berbentuk LKPD yang valid, efektif dan layak. Dengan mengimplementasikan pendekatan STEM berbasis ELearning
pada materi besaran dan satuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D (Research and Development) dan model ADDIE (analysis, Design, Development Implementation, Evaluation). Untuk mengetahui kevalidan produk pada tahap pengembangan melibatkan 3 validator yaitu ahli materi,
ahli media dan guru. Untuk mengetahui keefektifan produk dilakukan uji gain ternormalisasi (N-Gain). Dan untuk mengetahui kepraktisan produk berdasarkan respons siswa. Uji produk terdiri dari uji skala kecil dan uji skala besar. Uji skala kecil melibatkan 10 siswa, uji skala besar melibatkan 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas ahli dan angket respons siswa. Pada tahap validasi hasil
penilaian ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 97% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian ahli media mendapatkan persentase rata-rata yaitu 96%yang dikategorikan sangat valid. Hasil penilaian guru mendapatkan persentase rata-rata 76% dengan kategori sangat valid. Hasil uji keefektifan produk mendapatkan nilai NGain sebesar 0,94 dengan kategori nilai keefektifan sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan pada kelompok kecil mendapatkan nilai 90,00% sehingga LKPD dapat diklasifikasikan ke dalam sangat praktis. Sedangkan pada kelompok besar mendapatkan nilai 93,33% sehingga LKPD dapat diklasifikasikan ke dalam sangat
praktis. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat valid, efektif dan sangat praktis sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD, STEM, Besaran dan Satuan. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 08:04 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54325 |