Goni, Febriani Putri Keren (2023) E-MODUL FISIKA BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193121040_Cover.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4193121040_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (994kB) | Preview
4193121040_Abstrak.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4193121040_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
4193121040_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4193121040_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4193121040_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4193121040_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4193121040_BAB_I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4193121040_BAB_V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4193121040_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Fluida dinamis merupakan salah satu materi fisika yang penerapannya banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi fluida dinamis karena visualisasi bahan ajar yang kurang
optimal serta bahan ajar yang dimiliki kurang mendukung proses belajar mandiri. Tingkat kesulitan materi dan kendala dalam belajar mandiri mengakibatkan motivasi dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
membuat e-modul fisika berbasis inkuiri terintegrasi SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi fluida dinamis kelas XI SMA. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model Borg & Gall. Penelitian menggunakan pendekatan mixed method untuk menganalisis hasil penelitian secara kualitatif dan kuantitatif. Produk dibuat dengan menggunakan aplikasi online Heyzine. Berdasarkan hasil uji validasi materi, diperoleh produk valid dengan persentase 98,63%. Hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 99%, yaitu dikategorikan valid. Hasil uji
coba lapangan terbatas diperoleh persentase sebesar 96,08% oleh respon siswa skala kecil, dan 97,59% oleh respon guru fisika, sehingga dinyatakan sangat praktis. Hasil uji coba lapangan besar diperoleh persentase sebesar 96,56%, yaitu
dikategorikan sangat praktis. Nilai rata-rata pre-test siswa 35,83, dan nilai ratarata post-test siswa sebesar 93,89, sehingga nilai rata-rata N-gain yang diperoleh adalah sebesar 0,9 atau 90,48%, yaitu dikategorikan tinggi. Dengan demikian, emodul yang dibuat layak, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-modul, inkuiri, SETS, fluida dinamis. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 07:17 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54322 |