Ritonga, Try Yunita (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA AL -WASHLIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4181141037 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 4181141037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM. 4181141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 4181141037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 4181141037 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM. 4181141037 TABELS.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 4181141037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
8. NIM. 4181141037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4181141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13. NIM. 4181141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14. NIM. 4181141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa berdasarkan aspek kognitif pada materi Ekosistem di kelas X SMA Al-Wasliyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022, mengetahui indikator belajar yang sulit dipelajari siswa pada saat mempelajari materi Ekosistem di kelas X SMA Al- Wasliyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022 dan mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi Ekosistem di kelas X SMA Al- Wasliyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2022. Ekosistem merupakan salah satu bidang kajian yang dipelajari dalam cabang biologi, yaitu ekologi. Ekologi (Yunani, oikos = rumah dan logos = ilmu) adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lain dan dengan lingkungan fisik. Hasil penelitian menyatakan
bahwa terdapat 6 aspek kognitif dengan taksonomi Bloom, yaitu dimulai dari C1 (Mengingat) sebesar 20%, C2 (Memahami) sebesar 47%, C3 (Menerapkan) sebesar 13%, C4 (Menganalisis) sebesar 9%, C5 (Mengevaluasi) sebesar 11% dan C6 (Menciptakan) sebesar 0%. Terdapat 14 indikator yang peneliti gunakan dalam soal tes dan terdapat faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar diantaranyaperhatian peserta didik, motivasi peserta didik, metode mengajar guru,
materi pelajaran, bimbingan orang tua dan suasana rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan Belajar, Ekosistem, Siswa Kelas X. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:15 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54309 |