Saragih, Rindi Yani Rizki (2022) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas XI MAS 2 Muhammadiyah Kisaran Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1182151004 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM 1182151004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1182151004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
4. NIM 1182151004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
13. NIM 1182151004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
5. NIM 1182151004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
14. NIM 1182151004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
6. NIM 1182151004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7. NIM 1182151004 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
8. NIM 1182151004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
9. NIM 1182151004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik
role playing terhadap interaksi sosial siswa kelas XI di MAS 2 Muhammadiyah
Kisaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Semu-Ekperimen dengan
One group pre-test post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas
XI yang memiliki tingkat interaksi sosial rendah. Data ini dikumpulkan dengan
menggunakan angket Interaksi Sosial yang berjumlah 58 pertanyaan yang telah
valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah diberikan layanan
bimbingan kelompok. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan
uji wilcoxon Untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian bimbingan
kelompok dengan menggunakan teknik role playing terhadap interaksi sosial siswa.
Hasil analisis angket interaksi sosial siswa terdapat 9 orang subjek atau responden
dan diperoleh hasil total pre-test (sebelum diberikan layanan) sebesar 992 dan total
posttest (sudah diberikan layanan) sebesar 1335. Artinya bahwa seluruh subjek atau
responden mengalami peningkatan interaksi sosial sebesar 26%. Kemudian skor
rata-rata keseluruhan pre-test diperoleh 110,2 dan skor rata-rata posttest sebesar
148,3. Dengan demikian keseluruhan subjek atau responden mengalami rata-rata
peningkatan interaksi sosial sebesar 26% . Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon
nilai jhitung = 12,5 dengan α= 0,05 dan n = 9 sehingga nilai Jtabel adalah 6. Dari data
tersebut dapat diketahui bahwa Jhitung > Jtabel yang mana 12,5 > 6. Sesuai dengan
kriteia penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung >Jtabel
dimana 12,5 > 6 dari perhitungan ini dapat dilihat pelaksanaan pada kelompok
eksperimen artinya diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh
Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Interaksi Sosial
Siswa XI MAS 2 Muhammdiyah Kisaran Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Interaksi Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:47 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54299 |