PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI

Barus, Putri Dewi Natalia (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183331012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183331012 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183331012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183331012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183331012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183331012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183331012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183331012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183331012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183331012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183331012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183331012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183331012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183331012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183331012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183331012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi instrumen tes, mengetahui analisis instrumen tes yang ditinjau dari validasi ahli, mengukur dan mendeteksi miskonsepsi siswa yang terjadi pada konsep laju reaksi berdasarkan hasil diagnosis siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Kabanjahe dan menunjukkan sub konsep yang mengalami miskonsepsi tinggi maupun rendah, serta mengetahui respon siswa terhadap instrumen tes diagnostik three-tier multiple choice yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2022-April 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Tes diagnostik yang dikembangkan adalah tes diagnostik three˗tier multiple choice yang terdiri dari pilihan jawaban, alasan dan tingkat keyakinan. Produk akhir instrumen tes diagnostik three-tier terdiri atas 15 soal. Hasil validasi oleh validator menunjukkan instrumen yang dikembangkan valid . Validitas tes yang dikembangkan sebanyak 20 butir soal valid dan soal yang tidak valid sebanyak 10 butir soal. Hasil uji coba reliabilitas menunjukkan angka reliabilitas sebesar 0,85. Persentase miskonsepsi tertinggi yaitu pada konsep teori tumbukan sebesar 51,5% dan persentase miskonsepsi terendah pada konsep orde reaksi dan persamaan laju reaksi sebesar 26,72%. Persentase siswa yang memahami konsep laju reaksi sebesar 35%. Persentase kategori tidak memahami konsep laju reaksi sebesar 27% dan persentase kategori miskonsepsi konsep laju reaksi sebesar 38%. Respon siswa terhadap instrumen tes objektif dengan menggunakan three-tier multiple choice yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata 83,48% siswa memberikan respon positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 KIM 011
Keywords: Laju reaksi; Miskonsepsi; Three˗tier multiple choice
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:51
Last Modified: 06 Feb 2024 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54271

Actions (login required)

View Item
View Item