Barus, Putri Dewi Natalia (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183331012 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4183331012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM. 4183331012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 4183331012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM. 4183331012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 4183331012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. NIM. 4183331012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM. 4183331012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi instrumen tes, mengetahui analisis instrumen tes yang ditinjau dari validasi ahli, mengukur dan mendeteksi miskonsepsi siswa yang terjadi pada konsep laju reaksi berdasarkan hasil diagnosis siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Kabanjahe dan menunjukkan sub konsep yang mengalami miskonsepsi tinggi maupun rendah, serta mengetahui respon siswa terhadap instrumen tes diagnostik three-tier multiple choice yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2022-April 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Tes diagnostik yang dikembangkan adalah tes diagnostik three˗tier multiple choice yang terdiri dari pilihan jawaban, alasan dan tingkat keyakinan. Produk akhir instrumen tes diagnostik three-tier terdiri atas 15 soal. Hasil validasi oleh validator menunjukkan instrumen yang dikembangkan valid . Validitas tes yang dikembangkan sebanyak 20 butir soal valid dan soal yang tidak valid sebanyak 10 butir soal. Hasil uji coba reliabilitas menunjukkan angka reliabilitas sebesar 0,85. Persentase miskonsepsi tertinggi yaitu pada konsep teori tumbukan sebesar 51,5% dan persentase miskonsepsi terendah pada konsep orde reaksi dan persamaan laju reaksi sebesar 26,72%. Persentase siswa yang memahami konsep laju reaksi sebesar 35%. Persentase kategori tidak memahami konsep laju reaksi sebesar 27% dan persentase kategori miskonsepsi konsep laju reaksi sebesar 38%. Respon siswa terhadap instrumen tes objektif dengan menggunakan three-tier multiple choice yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata 83,48% siswa memberikan respon positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 KIM 011 |
Keywords: | Laju reaksi; Miskonsepsi; Three˗tier multiple choice |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 03:51 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54271 |