Pakpahan, Ihut Marasi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Museum Virtual Menggunakan Aplikasi Artsteps Untuk Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 3193321019 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2 NIM. 3193321019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
3 NIM. 3193321019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4 NIM. 3193321019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5 NIM. 3193321019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6 NIM. 3193321019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7 NIM. 3193321019 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8 NIM. 3193321019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9 NIM. 3193321019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13 NIM. 3193321019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
14 NIM. 3193321019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan media berbasis museumvirtual menggunakan aplikasi artsteps pada pembelajaran sejarah, (2) mengetahuikeefektifan penggunaan media berbasis museum virtual menggunakan aplikasiartsteps pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian danpengembangan (Research And Development) yang menggunakan metodepengembangan Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Prosedurpengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 9 (sembilan) tahapan
uji coba produk. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknikanalisis data kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skalapenelitian. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap T.A 2022-2023.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan. Penelitianpengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas oleh ahlimateri mencapai 93,3 dengan kategori sangat valid, validasi oleh ahli media 87,5
dengan kategori sangat valid, dan berdasarkan uji pemakaian oleh siswa yaitumencapai nilai 87,4 dengan kategori sangat valid. Keefektifan penggunaan mediaberbasis museum virtual ini disimpulkan sangat baik berdasarkan hasil-hasil
belajar sesudah menggunakan media yaitu dengan presentase nilai 86,4 dimananilai ini telah berhasil melampaui batas KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75.Berdasarkan hasil uji kelayakan produk dan keefektifan penggunaan produk
tersebut maka dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran yang di kembangkan layak untuk di jadikan media pembelajaran pada materi Peran Tokoh-tokoh nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di kelas XI SMA Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Berbasis Museum Virtual; Artsteps; Penelitian dan Pengembangan (R&D) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 05 May 2024 19:58 |
Last Modified: | 05 May 2024 19:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54266 |