Saragi Napitu, Luski Emelia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4193331014 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4193331014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM 4193331014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM 4193331014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM 4193331014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
9. NIM 4193331014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13. NIM 4193331014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 4193331014 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan suatu pembelajaran yang memiliki proses dan hasil dalam belajar. Pendidikan di Indonesia masih termasuk dalam kualitas rendah, jika kita bandingkan dengan negara lain. Oleh karena itu, sangat penting Pendidikan dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas Pendidikan dapat dilihat dari suatu proses pembelajaran, seperti pembelajaran sains yakni pembelajaran kimia. Kimia merupakan pembelajaran untuk siswa SMA,dengan memiliki banyak pokok bahasan salah satunya pokok bahasan Ikatan Kimia. Ikatan Kimia merupakan suatu pembentukan senyawa ikatan ion, kovalen, dan logam. Ada beberapa faktor yang membuat siswa merasa bosan dalam belajar salah satunya adalah pembelajaran yang belum bervariasi seperti model dan media yang belum bervariasi. Model adalah cara yang dilakukan oleh pendidik untuk melihat dari proses hasil belajar hingga mengalami peningkatan hasil belajar. Media juga merupakan suatu perangkat yang digunakan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video dengan yang tidak berbantuan media video pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen, dan kelas kontrol. Dengan pengambilan sampel secara acak (random), dari populasi sebanyak 7 kelas siswa SMA Negeri 7 Medan. Penelitian telah dilakukan tiga kegiatan yaitu memberikan postest, pemeberian perlakuan dengan model PBL dengan media dan tanpa media, posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan uji normalits, uji homogenitas, uji hipotesis. Setelah dilakukan uji prasyarat data bersifat normal, homogen, maka data yang diperoleh untuk hipotesis yaitu thitung sebesar 7,20 > 1,72 kriteria tolak H0 karena thit > ttabel bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan media video lebih tinggi dengan yang tidak berbantuan media video. Peningkatan hasil belajar penelitian ini menggunakan uji gain dengan hasil perlehan 0,45 menjadi 0,71. Dapat diambil kesimpulan yaitu peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video lebih tinggi dengan yang tidak berbantuan media video pada materi Ikatan Kimia siswa di kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 KIM 007 |
Keywords: | Problem based learning; Ikatan kimia; Video; Hasil belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 08:25 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54238 |