Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa Kelas XII IPS di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam.

Sinurat, Lulu Luciana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa Kelas XII IPS di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 3192421024 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 3192421024 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 3192421024 APPROVAL SHEET .pdf]
Preview
Text
2 NIM. 3192421024 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 3192421024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 3192421024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 3192421024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 3192421024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 3192421024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 3192421024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 3192421024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 3192421024 TABLES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 3192421024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 3192421024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 3192421024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 3192421024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 3192421024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 3192421024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 3192421024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 3192421024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 3192421024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 3192421024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk 1) mengetahui
kelayakan media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline; 2) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline. Pengembangan media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline menggunakan prosedur pengembangan model Borg and Gall. Produk media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline yang
dikembangkan dalam penelitian ini memenuhi validasi oleh ahli materi, yaitu persentase 87,5% dengan kriteria sangat valid dan ahli media, yaitu dengan persentase 86,3% kriteria sangat valid. Sedangkan, hasil uji coba kelompok kecil
diperoleh persentase 88,7% dengan kriteria sangat valid, uji coba kelompok sedang diperoleh persentase 87,1% dengan kriteria sangat valid, dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase 86,5% dengan kriteria sangat valid. Kemudian, penggunaan media media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline lebih efektif dibandingkan tanpa menggunakan media yang dibuktikan melalui pretest dan posttest masing-masing, yaitu 42,26 dan 88,09, dan diketahui peningkatan hasil belajar siswa terbanyak pada kategori tinggi 31 siswa, 10 siswa pada kategori sedang dan 1 pada kategori rendah. Nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh, yakni 0,764 dan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata
tafsiran keefektifan N-Gain, yakni 76,4% yang menunjukkan bahwa tafsiran persentase berada pada kategori efektif. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan keefektifan diperoleh bahwa produk media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Articulate Storyline; Reformasi; Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:57
Last Modified: 30 Apr 2024 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54188

Actions (login required)

View Item
View Item