Sinurat, Lulu Luciana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa Kelas XII IPS di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 3192421024 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2 NIM. 3192421024 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 NIM. 3192421024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4 NIM. 3192421024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
5 NIM. 3192421024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6 NIM. 3192421024 TABLES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7 NIM. 3192421024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8 NIM. 3192421024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9 NIM. 3192421024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
13 NIM. 3192421024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14 NIM. 3192421024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk 1) mengetahui
kelayakan media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline; 2) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline. Pengembangan media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline menggunakan prosedur pengembangan model Borg and Gall. Produk media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline yang
dikembangkan dalam penelitian ini memenuhi validasi oleh ahli materi, yaitu persentase 87,5% dengan kriteria sangat valid dan ahli media, yaitu dengan persentase 86,3% kriteria sangat valid. Sedangkan, hasil uji coba kelompok kecil
diperoleh persentase 88,7% dengan kriteria sangat valid, uji coba kelompok sedang diperoleh persentase 87,1% dengan kriteria sangat valid, dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase 86,5% dengan kriteria sangat valid. Kemudian, penggunaan media media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline lebih efektif dibandingkan tanpa menggunakan media yang dibuktikan melalui pretest dan posttest masing-masing, yaitu 42,26 dan 88,09, dan diketahui peningkatan hasil belajar siswa terbanyak pada kategori tinggi 31 siswa, 10 siswa pada kategori sedang dan 1 pada kategori rendah. Nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh, yakni 0,764 dan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata
tafsiran keefektifan N-Gain, yakni 76,4% yang menunjukkan bahwa tafsiran persentase berada pada kategori efektif. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan keefektifan diperoleh bahwa produk media pembelajaran interaktif sejarah berbasis Articulate Storyline layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Articulate Storyline; Reformasi; Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 01:57 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54188 |