Nasution, Fadhilah Ulfah (2023) Pengembangan Model Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Secara Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Binjai. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206171004 COVER.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
2. 8206171004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. 8206171004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4. 8206171004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. 8206171004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. 8206171004 TABLES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. 8206171004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. 8206171004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (910kB) | Preview
12. 8206171004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
13. 8206171004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dan tahap kedua mengujicobakan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan di kelas X IA-1 dan X IA-2 SMA Negeri 1 Binjai. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash meningkat, ditinjau ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; 3) kemandirian belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Makcromedia Flash meningkat, ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan penelitian pada sekolah lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai kepraktisan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash pada materi trigonometri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.24 Nas p |
Keywords: | Pengembangan model, model 4-D, problem based learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:05 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54186 |