Pengembangan Model Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Secara Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Binjai

Nasution, Fadhilah Ulfah (2023) Pengembangan Model Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Secara Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Binjai. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8206171004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8206171004 COVER.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8206171004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8206171004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8206171004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8206171004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8206171004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8206171004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8206171004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8206171004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8206171004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8206171004 TABLES.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8206171004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8206171004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8206171004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8206171004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (910kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8206171004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8206171004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8206171004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8206171004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dan tahap kedua mengujicobakan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan di kelas X IA-1 dan X IA-2 SMA Negeri 1 Binjai. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash meningkat, ditinjau ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; 3) kemandirian belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Makcromedia Flash meningkat, ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan penelitian pada sekolah lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai kepraktisan model Problem Based Learning berbantuan Macromedia Flash pada materi trigonometri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.24 Nas p
Keywords: Pengembangan model, model 4-D, problem based learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:05
Last Modified: 05 Feb 2024 02:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54186

Actions (login required)

View Item
View Item