Debora, Kathy Putriayu (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.4183111112 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM.4183111112 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
3. NIM.4183111112 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM.4183111112 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM.4183111112 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM.4183111112 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM.4183111112 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM.4183111112 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM.4183111112 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
13. NIM.4183111112 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM.4183111112 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Aritmatika Sosial dikelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data tes kemampuan awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes kemampuan awal yaitu 18 dari 28 siswa atau 21% dengan rata-rata kelas 26,7. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Reciprocal Teaching menunjukkan banyaknya siswa yang
mencapai ketuntasan belajar adalah 16 dari 28 siswa atau 61% dengan rata-rata kelas 70,7. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar yaitu 24 dari 28 siswa
atau 86% dengan rata-rata kelas 90,86. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target
ketuntasan klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dikelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematika, pendekatan matematika kooperatif, reciprocal teaching. |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 04:32 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54172 |