FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN

KHOIRUNNISAK (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7163142022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7163142022 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7163142022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7163142022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7163142022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7163142022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7163142022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7163142022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7163142022 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7163142022 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7163142022 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7163142022 TABLES.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7163142022 PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7163142022 PICTURES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7163142022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7163142022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7163142022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7163142022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7163142022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7163142022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7163142022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7163142022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI Akuntansi di SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Jambi Medan ; (2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Jambi Medan ; (3) Pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Jambi Medan ; (4) Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Jambi Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik total sampling. Dimana jumlah sampel yang digunakan sama dengan jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis mengguna uji secara parsial (uji t), uji secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi linear berganda dengan nilai Y = 31,501 + 1,055 X1 + 0,413 X2 + 0,299 X3 + e. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (3,703 > 2,011) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (2,594 > 2,011) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,013 < 0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (2,514 > 2,011) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,015 < 0,05). Berdasarkan pengujian secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhdap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai Fhitung > Ftabel (30,511 > 2,84) dan taraf Sig 0,000 < 0,05. Dengan nilai Adjusted R Square sebesar 63,4% sedangkan 36,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 Feb 2024 05:54
Last Modified: 01 Feb 2024 05:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54124

Actions (login required)

View Item
View Item