SIHOTANG, TUMPAK MARISI (2023) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI PIS SMA NEGERI 1 SUMBUL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. Nim 7192441011 Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. Nim 7192441011 Aproval Sheet.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
3. Nim 7192441011 Preface.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
4. Nim 7192441011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. Nim 7192441011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. Nim 7192441011 TABLE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. Nim 7192441011 Ilustration.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. Nim 7192441011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. Nim 7192441011 Chapter I.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
13. Nim 7192441011 Chapter V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
14. Nim 7192441011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini ialah rendahnya motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI PIS SMA 1 Negeri Sumbul. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI PIS SMA Negeri 1 Sumbul dan mengidentifikasi pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI PIS SMA Negeri 1 Sumbul serta mengidentifikasi pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya secara simultan terhadap motivasi belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumbul. Populasi pada penelitian ini ialah keseluruhan siswa kelas XI PIS SMA Negeri Sumbul sebanyak 138 siswa. Metode pengumpulan sampel yakni Sample Random Sampling. Jumlah sampel adalah sejumlah 102 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Instrumen penelitian harus diuji sebelum digunakan yaitu uji validitas maupun reliabilitas. Data yang didapatkan dianalisis membentuk regresi linier berganda dengan dibantu program SPSS Versi 20.
Berdasarkan uji analisis regresi linier berganda dihasilkan nilai Y= 5,094 + 0,143X1 + 0,762X2. Sesuai pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan variabel lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dengan nilai t-hitung > t-tabel sebesar, 2,294 > 1,984 dan nilai signifikansi 0,024 < 0,05. Begitu juga dengan Teman Sebaya terdapat pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai t-hitung > t-tabel senilai 11,619 > 1,984 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh kedua variabel bebas ialah senilai 70,6%, sementara 29,4% dipengaruhi oleh variabel tidak fokus dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 08:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54082 |