TP.Bolon, Theresia JM (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI SMA NEGERI 1 TARUTUNG KABUPATEN TAPANULI UTARA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 3113131069 Cover..pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
02. 3113131069 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
04. 3113131069 Abstrak..pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
03. 3113131069 Kata Pengantar..pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
05. 3113131069 Daftar Isi..pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
06. 3113131069 Daftar Tabel..pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
07. 3113131069 Daftar Gambar..pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. 3113131069 Daftar Lampiran..pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. 3113131069 BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
15. 3113131069 BAB VI..pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
09. 3113131069 Daftar Pustaka..pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Take and Give pada materi lingkungan hidup di kelas XI IPS SMA N 1 Tarutung T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Tarutungyang berjumlah 38 orang serta objek peningkatan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup melalui model pembelajaran Take and Give di kelas XI IPS SMA N 1 Tarutung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu komunikasi tidak langsung. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: Ada peningkatan hasilbelajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Take and Give pada materi lingkungan hidupditunjukan pada siklus I yakni 47,4% siswa yang nilainya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum sedangkan hasil belajar pada siklus II yaitu 86,8%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasilbelajarsebesar 39,4%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal sesuai dengan standar ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 85% siswa telah mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 039 |
Keywords: | IPS; KKM; Take and Give |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 May 2016 06:45 |
Last Modified: | 24 May 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5408 |