SITINJAK, TOGI V. (2023) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7183141042 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7183141042 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
3. NIM. 7183141042 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 7183141042 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 7183141042 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 7183141042 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 7183141042 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 7183141042 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 7183141042 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
13. NIM. 7183141042 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 7183141042 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh literasi digital dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMAN 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan pada SMAN 1 Percut Sei Tuan yang
berlokasi di Jl. Irian Barat Desa Sampali No. 37, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto. Populasi pada penelitian ini yaitu
siswa kelas XI 7, XI 8, XI 9 dan XI 10 SMAN 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah134 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 orang peserta
didik. Teknik dalam pengumpulan data memanfaatkan angket. Angket digunakan terlebih dahulu pada uji validitas serta uji reliabilitas sebelum disebarkan kepada responden. Teknik analisis data untuk penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikoleniaritas, linear berganda, uji T dan uji F serta uji koefisien determinasi melalui penggunaan aplikasi perangkat lunak SPSS 23 for windows.
Hasil uji T menunjukkan bahwa Literasi Digital berpengaruh positif serta signifikant terhadap hasil belajar peserta didik dimana thitung> ttabel yaitu 4,581 >1,66 dengan skor signifikant 0,000< 0,05. Kemandirian Belajar berpengaruh
positif serta signifikant terhadap hasil belajar peserta didik dimana thitung> ttabel yaitu 7,657 > 1,66 dengan skor signifikan 0,000< 0,05. Hasil uji F menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif serta signifikant antara Literasi Digital dan Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar dimana Fhitung > Ftabel sebesar 170,439 > 3,09 dimana taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan analisis regresi berganda didapatkan hasil Y = 33,270 + 0,186 X1 + 0,377 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 78%. Oleh sebab itu bisa ditarik kesimpulan bahwasanya ada pengaruh positif serta signifikant Literasi Digital dan Kemandirian Belajar
terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 78% dan selisihnya 22% diberi pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Literasi Digital, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54079 |