Hanawati, Sufitri (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINGRASI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH PADA MATERI REAKSI REDUKSI-OKSIDASI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136142021_COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 8136142021_LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN DAN TIDAK PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM. 8136142021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 8136142021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 8136142021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM. 8136142021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM. 8136142021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. NIM. 8136142021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. NIM. 8136142021_BAB I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. NIM. 8136142021_BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
14. NIM. 8136142021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing pada problem based learning terhadap hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah (2) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing pada problem based learning terhadap tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah (3) Interaksi antara model pembelajaran tingkat kreativitas dengan hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah pada problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing dengan materi reaksi reduksi oksidasi.
Populasi penelitian ini adalah seluruh Madrasah Aliyah kelas X pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang di ambil secara sampling purposive yaitu siswa MAN Pematang Bandar Kabupaten Simalungun (masing-masing kelas eksperimen 1 sebanyak 35 siswa dan eksperimen 2 sebanyak 36 siswa) dengan jumlah sampel 71 siswa. Masing-masing dari kedua kelas tersebut diberi perlakuan berupa model yang berbeda. Selanjutnya kelas yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran Problem Based Learning disebut kelas eksperimen 1, kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning Teringrasi Inkuiri Terbimbing disebut kelas eksperimen 2. Instrumen tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2, sedangkan instrument angket digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan komukatif pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Teknik analisis data menggunakan Two Way Anava dengan SPSS 19 for Windows pada taraf signifikasi a = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing pada problem based learning terhadap hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah pada materi reaksi reduksi oksidasi.(2) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing pada problem based learning terhadap tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah. (3) Interaksi antara model pembelajaran tingkat kreativitas dengan hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah pada problem based learning terintegrasi inkuiri terbimbing.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Problem Based Learning Teringrasi Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Han p |
Keywords: | Pembelajaran kognitif; Gagne; Pembelajaran inkuiri; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:23 |
Last Modified: | 24 May 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5404 |