Piona, Sefti Anggi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI JURNAL KHUSUS UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7171142024 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7171142024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 7171142024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM. 7171142024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM. 7171142024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
6. NIM. 7171142024 TABLES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
7. NIM. 7171142024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
8. NIM. 7171142024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
9. NIM. 7171142024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
![[thumbnail of 10. NIM. 7171142024 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 7171142024 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM. 7171142024 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 7171142024 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (632kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 7171142024 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 7171142024 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 7171142024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM. 7171142024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
![[thumbnail of 15. NIM. 7171142024 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 7171142024 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang mengoptimalkan teknologi yang sudah ada dalam pembelajaran jarak jauh sehingga siswa tidak tertarik membaca materi pelajaran akuntansi dari buku cetak yang disediakan oleh
sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 untuk diterapkan sebagai media
pembelajaran Akuntansi materi Jurnal Khusus Pada Perusahaan Jasa di kelas X Akuntasi SMK Negeri 7 Medan dan mengetahui kelayakan produk berupa Articulate Storyline 3 berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan pendapat
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu: 1) Anlisis (analysis), 2) Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementasi (implementation), 5) Evaluasi
(evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2016 dengan ketentuan rumus konversi jumlah rerata skor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media Buku Saku Akuntansi Digital berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 55,00 termasuk kriteria “Sangat Layak”, dan jika dipersentasekan mendapat nilai 91,11%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 88,00 termasuk kriteria “Sangat Layak” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 88%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap
media saat dilakukan uji coba mendapat respon “Respon Positif” dengan persentasi ≥ 70%. Dengan demikian Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Articulate Storyline 3 ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi
pada materi Jurnal Khusus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 08:13 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54034 |