PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI JURNAL KHUSUS UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN

PIONA, SEFTI ANGGI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI JURNAL KHUSUS UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7171142024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7171142024 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7171142024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7171142024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7171142024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7171142024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7171142024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7171142024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7171142024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7171142024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7171142024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7171142024 TABLES.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7171142024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7171142024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7171142024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7171142024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7171142024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7171142024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7171142024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7171142024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7171142024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7171142024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang mengoptimalkan teknologi yang sudah ada dalam pembelajaran jarak jauh sehingga siswa tidak tertarik membaca materi pelajaran akuntansi dari buku cetak yang disediakan oleh
sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 untuk diterapkan sebagai media
pembelajaran Akuntansi materi Jurnal Khusus Pada Perusahaan Jasa di kelas X Akuntasi SMK Negeri 7 Medan dan mengetahui kelayakan produk berupa Articulate Storyline 3 berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan pendapat
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu: 1) Anlisis (analysis), 2) Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementasi (implementation), 5) Evaluasi
(evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 30 siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2016 dengan ketentuan rumus konversi jumlah rerata skor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media Buku Saku Akuntansi Digital berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 55,00 termasuk kriteria “Sangat Layak”, dan jika dipersentasekan mendapat nilai 91,11%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 88,00 termasuk kriteria “Sangat Layak” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 88%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap
media saat dilakukan uji coba mendapat respon “Respon Positif” dengan persentasi ≥ 70%. Dengan demikian Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Articulate Storyline 3 ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi
pada materi Jurnal Khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:13
Last Modified: 29 Jan 2024 08:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54034

Actions (login required)

View Item
View Item