Sitorus, Rudi Hermansyah (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF DAN INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINSTIFIK UNTUK PENGAJARAN REAKSI KIMIA DAN STOIKIOMETRI. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. ABSTRAK RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. DAFTAR ISI RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. BAB I RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
12. BAB V RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA RUDI HERMANSYAH SITORUS NIM 8116142017.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Pengembangan Bahan Ajar Kimia Inovatif dan Interaktif Melalui Pendekatan Sainstifik untuk Pengajaran Reaksi Kimia dan Stoikiometri dijelaskan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan bahan ajar kimia yang baik dan standar dalam mengajarkan reaksi kimia dan stoikiometri terhadap mahasiswa Universitas Negeri Medan. Penelitian dilakukan melalui analisis bahan ajar kimia (Diktat kimia umum I), dilanjutkan dengan pengembangan bahan ajar melalui pendekatan saintifik dengan mengintegrasikan tiga model pembelajaran pada pengajaran reaksi kimia dan stoikiometri. Bahan ajar yang telah disusun divalidasi oleh dosen sebagai validator ahli dan kemudian diberikan kepada dosen pengampu mata kuliah kimia umum dan mahasiswa sebagai pengguna bahan ajar untuk dimintai tanggapan terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan. Lokasi penelitian di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan dengan waktu penelitian pada bulan Februari 2015 sampai dengan April 2015. Sampel dalam penelitian adalah dosen pengampu mata kuliah kimia umum sebanyak 3 orang dan mahasiswa kimia FMIPA UNIMED semester 4 sebanyak 20 orang dengan kriteria sudah mengambil mata kuliah kimia dasar. Berdasarkan hasil angket yang berisi tanggapan dosen dan mahasiswa terhadap bahan ajar telah memenuhi standar kelayakan menurut BSNP. Rata-rata nilai secara keseluruhan komponen adalah 3,39 (layak dan tidak perlu direvisi), berdasarkan tanggapan dosen pengampu kimia umum terhadap bahan ajar, rata-rata nilai secara keseluruhan komponen adalah 3,53 (layak dan tidak perlu direvisi), dan berdasarkan tanggapan mahasiswa rata-rata nilai secara keseluruhan komponen adalah 3,24 (layak dan tidak perlu direvisi). Bahan ajar hasil pengembangan dapat membantu mahasiswa memahami reaksi kimia dan stoikiometri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Sit p |
Keywords: | Buku ajar; Pelajaran kimia; Project based learning; Pendekatan saintifik; Stokiometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:16 |
Last Modified: | 24 May 2016 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5403 |