Simangunsong, Anita Debora (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KOLABORATIF DENGAN MEDIA EXE LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136142002 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8136142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3. NIM. 8136142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 8136142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM. 8136142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 8136142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM. 8136142002 TABLES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM. 8136142002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 8136142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. NIM. 8136142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 8136142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan model Problem Based Learning (PBL) berbasis kolaboratif dengan media eXe Learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan direct instruction; 2) pengaruh tingkat kreativitas terhadap hasil belajar kimia siswa; 3) interaksi antara masing-masing model pembelajaran dengan tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa; 4) ranah kognitif yang paling berkembang setelah dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis kolaboratif dengan media eXe Learning. Karena keterbatasan waktu, tenaga, dana, dan fasilitas untuk mendukung penelitian ini, maka sebagai sampel yang akan diteliti hanyalah satu sekolah, yaitu SMA Khatolik Trisakti Medan diambil sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar berjumlah 30 soal dalam bentuk pilihan berganda, angket dan lembar observasi tentang karakter kreativitas yang telah divalidasi oleh validator. Teknik analisis yang digunakan teknik Analisis varians dua arah (Two Ways Anova) dengan bantuan program SPSS 21,0. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis kolaboratif dengan media eXe Learning dengan siswa yang dibelajarkan dengan direct instruction tanpa media; 2) terdapat pengaruh antara kreativitas terhadap hasil belajar kimia siswa; 3) terdapat interaksi antara masing-masing model pembelajaran dengan tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa; 4) ranah kognitif yang terkembangkan untuk kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan media eXe Learning yaitu C4 dengan persentase sebesar 74% (tinggi). Hasil tersebut memberi indikasi bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan media eXe Learning memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal pada ranah kognitif C4.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Sim p |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Media pembelajaran; Pembelajaran langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:06 |
Last Modified: | 24 May 2016 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5402 |