Lubis, Herlina Susanti (2022) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII Di Mts. Muhammadiyah-13 Tanjung Morawa T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1181151010 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 1181151010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1181151010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. NIM 1181151010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 1181151010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6. NIM 1181151010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 1181151010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
12. NIM 1181151010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
8. NIM 1181151010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13. NIM 1181151010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII Di Mts. Muhammadiyah-13 Tanjung Morawa T.A 2022/2023. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII MTS. Muhammadiyah-13 Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2022/2023”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen design dengan one pre-test - post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s/d September. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i Mts.Muhammadiyah-13 Tanjung Morawa. T.A 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 9 orang siswa kelas VIII-3 yang memiliki skor terendah yang telah dibagi angket tanggung jawab belajar dan akan diberi layanan konseling kelompok pendekatan behavior. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok pendekatan behavior terhadap tanggung jawab belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) diperoleh rata-rata = 97,2, standar deviasi = 96,46 sedangkan skor (post-test) diperoleh rata- rata =157,5 standar deviasi = 166,4. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang wilcoxon diperoleh Jhitung = 10 sedangkan jtabel = 6. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 9, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtanel yaitu Uji Jhitung > Jtabel dimana 10 > 6, dari perhitungan ini dapat dilihat pengaruh perlakuan pada kelompok ekperimen artinya pengaruh pemberian layanan konseling kelompok pendekatan behavior penguasaan lebih signifikan (10>6). Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan layanan konseling kelompok pendekatan behavior terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas VIII di Mts.Muhamamdiyah -13 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling kelompok;Pendekatan Behaviour;Tanggung Jawab Beajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:50 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54012 |