Lestari, Mega (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar inovatif dan interaktif yang terintegrasi pendekatan saintifik dan melibatkan teknologi informasi berbasis web. Beberapa pendekatan saintifik yang digunakan adalah Problem Based Learning, Project Based Learning dan Inquiry Learning. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang mahasiswa jurusan kimia program studi pendidikan kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan dan 2 orang dosen pengampu mata kuliah kimia dasar di Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis bahan ajar kimia dasar adalah bahwa bahan ajar tersebut cukup valid, namun perlu untuk dikembangkan dari berbagai aspek. Bahan ajar yang telah dikembangkan divalidasi oleh validator ahli. Penilaian dilakukan berdasarkan angket standar BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh rata-rata pendapat dari 22 responden yang terdiri dari 2 orang dosen dan 20 orang mahasiswa terhadap kualitas bahan ajar yang dikembangkan 3,22 yang tergolong dalam kriteria sangat valid artinya bahan ajar hasil pengembangan sangat layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran. Penjabaran dari keseluruhan rata-rata responden terhadap kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah rata-rata hasil penilaian dosen pengampu Kimia Umum yaitu sebesar 3,40 dan rata-rata hasil penilaian mahasiswa pendidikan Kimia yaitu sebesar 3,04
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.370 71 Les p |
Keywords: | Bahan ajar; Sumber pembelajaran; Inovasi; Multimedia interaktif; Pendekatan saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 May 2016 03:59 |
Last Modified: | 24 May 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5399 |