RIZKIANDA, CHAIRINA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DAN HTML BERBANTU LECTORA INSPIRE PADA MATERI JURNAL UMUM DI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 04 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7171220014 COVER.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
5. NIM 7191142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM 7191142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 7191142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
2. NIM 7191142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
1. NIM 7191142004 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM 7191142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
7. NIM 7191142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM 7191142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM 7191142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13. NIM 7191142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 7191142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran interaktif berbasis android dan html adalah perangkat lunak yang dapat membantu proses pembelajaran dan diakses melalui web dan smartphone. Tujuan penelitian ini: 1) mengetahui alur pengembangan media pembelajaran berbasis android dan html berbantu lectora inspire pada materi jurnal umum kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 04 Medan 2) mengetahui kelayakan dari validasi ahli media, materi, praktisi pembelajaran dan pengguna 3) mengetahui kepraktisan media dari segi respon siswa 4) mengetahui keefektifan media dari segi nilai n-gain yang diperoleh dari test. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Inplementation, dan Evaluation).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbasis android dan HTML dikatakan sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan persentase sebesar 94% dengan kategori sangat layak, ahli media dengan persentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak, praktisi pembelajaran dengan persentase sebesar 96,3 dengan kategori sangat layak dan pengguna dengan persentase sebesar 98,1% dengan kategori sangat layak 2) Media pembelajaran berbasis android dan HTML dikatakan sangat praktis berdasarkan hasil angket respon siswa dengan persentase sebesar 83,15% dengan kategori sangat praktis 3) Media pembelajaran berbasis android dan HTML dikatakan cukup efektif pernyataan ini didukung dengan hasil angket respon siswa dengan persentase nilai N-Gaiin sebesar 69% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android dan html yang dikembangkan memnuhi kategori layak, praktis dan efektif sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran akuntansi pada materi jurnal umum kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 04 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Lectora Inspire, Jurnal Umum. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 08:56 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53984 |