Lubis, Riska Wahyuni (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS BIOGRAFI BERBASIS POSTER BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183111038 COVER.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2. NIM 2183111038 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
3. NIM 2183111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
4. NIM 2183111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM 2183111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM 2183111038 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 2183111038 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 2183111038 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 2183111038 APPENDICEX.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
10. NIM 2183111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
14. NIM 2183111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
15. NIM 2183111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui proses pengembangan bahan ajar
teks biografi berbasis poster berbantuan aplikasi canva, (2) mendeskripsikan
bentuk pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis poster berbantuan aplikasi
canva, (3) mengukur kelayakan pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis
poster berbantuan aplikasi canva pada siswa kelas X SMA, dan (4) mengetahui
efektivitas pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis poster berbantuan
aplikasi canva pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan sampel
sebanyak 35 orang siswa kelas X MIPA 5 di SMA Negeri 7 Medan dengan
metode research and development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and
Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert pada
angket validasi materi, media, penilaian guru, dan respon siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bahan ajar teks biografi berbasis poster berbantuan aplikasi
canva pada siswa kelas X SMA termasuk kriteria “sangat baik” dapat dilihat dari
validasi materi memperoleh nilai 80% dengan kategori “sangat baik”, validasi
media memperoleh nilai 97,5% dengan kategori “sangat baik”, dan penilaian guru
bidang studi memperoleh nilai 100% dengan kategori “sangat baik”. Kemudian
Hasil belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar teks biografi berbasis poster
berbantuan aplikasi canva memperoleh rata-rata 48,71% dengan kategori
“kurang” dimana artinya nilai yang dicapai siswa perlu ditingkatkan lagi.
Sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar teks biografi
berbasis poster berbantuan aplikasi canva memperoleh rata-rata 90,85% dengan
kategori “sangat baik” artinya nilai siswa mengalami kenaikan lebih dari nilai
sebelumnya. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar teks biografi
berbasis poster berbantuan aplikasi canva layak untuk digunakan dalam proses
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Teks Biografi, Poster, Canva |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 05:02 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53970 |