Simanjuntak, Noviyanti (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI TEKS EKSPOSISI BERBANTUAN MODEL OPEN ENDED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAGUBOTI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183311003 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 2183311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
3. NIM 2183311003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 2183311003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM 2183311003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM 2183311003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM 2183311003 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 2183311003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
12. NIM 2183311003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
13. NIM 2183311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar
materi teks eksposisi berbantuan model open ended learning pada siswa VIII
SMP Negeri 1 Laguboti, mengetahui bentuk bahan ajar modul teks eksposisi
berbantuan model open ended learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Laguboti, dan mengetahui keefektifan bahan ajar materi teks eksposisi berbantuan
model open ended learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti. Model
pengembangan yang digunakan yakni ADDIE dengan tahapan mulai dari analisis,
rancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk bahan ajar teks
eksposisi berbantuan model open ended learning memperoleh hasil penilaian ahli
materi yaitu 92,7% kategori ”sangat baik” dan penilaian ahli desain yaitu 90,15%
pada kategori “sangat baik.” Uji coba bahan ajar teks eksposisi berbantuan model
open ended learning dilakukan tiga kali yaitu uji coba perorangan, kelompok
kecil, dan lapangan terbatas. Hasil belajar peserta didik diperoleh melalui dua
tahap yaitu pada saat pre-test dan post-test. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa
pada saat pre-test adalah 69 terkategori “cukup” dan belum memenuhi nilai KKM.
Setelah menggunakan bahan ajar teks eksposisi berbasis model open ended
learning dan dilakukan post-test jumlah skor total peserta didik meningkat dengan
rata-rata 81 terkategori “baik”. Hal ini menunjukkan bahan ajar teks eksposisi
berbantuan model open ended learning membawa perkembangan yang baik pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti. Pengembangan bahan ajar teks
eksposisi berbantuan model open ended learning berimplikasi pada guru dalam
pembelajaran di kelas. Bahan ajar teks eksposisi berbantuan model open ended
learning ini sangat baik digunakan untuk perkembangan belajar peserta didik di
kelas dan efektif digunakan di sekolah ataupun di luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | bahan ajar, teks eksposisi, model open ended learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 04:54 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53969 |