Sitepu, Fika Renanda (2022) PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS FABEL BERBASIS DORATOON ANIMATION MAKER DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183111061 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 2183111061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM 2183111061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 2183111061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM 2183111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM 2183111061 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM 2183111061 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM 2183111061 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM 2183111061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
13. NIM 2183111061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
14. NIM 2183111061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan materi ajar berbasis video
animasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok pembahasan materi teks
fabel; 2) menganalisis kelayakan video animasi sebagai bahan ajar pada pelajaran
Bahasa Indonesia pokok pembahasan teks fabel di kelas VII Sekolah Menengah
Pertama. Metode pengembangan yang digunakan yaitu metode penelitian dan
pengembangan dari Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugyono dengan lima
tahapan. Tahapan pengembangan meliputi analisis potensi dan masalah,
melakukan pengumpulan data, mendesain produk pengembangan, melakukan
validasi, dan merevisi produk. Pengembangan divalidasi oleh dua validator yakni
ahli materi dengan penilaian mencapai 76% masuk dalam kategori layak, validasi
ahli media dengan penilaian mencapai 82% masuk kategori sangat layak. Dari
keseluruhan penilan kelayakan materi ajar yang sudah dipaparkan, materi ajar teks
fabel berbasis Doratoon Animation Maker untuk kelas VII ini memiliki kualitas
layak dan dapat diterima sebagai salah satu bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan materi ajar, video animasi, teks fabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 04:05 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53966 |