NURHASANAH (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION, AND EVALUATION) PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI SISWA KELAS X-AP DI SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 711144030 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 711144030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
3. NIM. 711144030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 711144030 PREPACE.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
6. NIM. 711144030 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM. 711144030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM. 711144030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 711144030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 711144030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
13. NIM. 711144030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM. 711144030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sarana belajar era digital berupa E-modul yang perlu segera diwujudkan di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran Korespondensi untuk siswa kelas X-AP di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan ini dipilih karena menggunakan pendekatan sistem dengan langkah-langkah pengembangan yang teratur dan sistematis serta dapat digunakan untuk merancang pembelajaran individual. model tahapan pengembangan media yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket untuk ahli materi, media dan ahli bahasa.
Hasil dari penelitian ini adalah berupa modul berbentuk e-book pada flipbook untuk kelas X Program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Produk yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE memiliki 5 tahapan (1) Analisis (2) Perencanaan (3) Pengembangan (4) Tahap penerapan (5) Evaluasi. Kelayakan modul pembelajaran Korespondensi berdasarkan rata-rata hasil validasi para ahli yaitu; (1) Hasil validasi oleh ahli media masuk ke dalam kategori “Baik” dengan persentase nilai 83,78%; (2) Hasil validasi oleh ahli materi masuk ke dalam kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata persentase nilai 84,12%; (3) Hasil validasi oleh ahli bahasa masuk ke dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase nilai 86%. Maka modul pembelajaran layak digunakan oleh kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Swasta PAB 12 Saentis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul, Model ADDIE, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 07:07 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53919 |