PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA OTKP PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMKS KARYA BUNDA MANDIRI MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

HUTASOIT, DAME TRIULINA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA OTKP PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMKS KARYA BUNDA MANDIRI MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7192444011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7192444011 COVER.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7192444011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7192444011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7192444011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7192444011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7192444011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7192444011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7192444011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7192444011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7192444011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7192444011 TABLES.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7192444011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7192444011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7192444011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7192444011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7192444011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7192444011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7192444011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7192444011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7192444011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7192444011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa kelas XII OTKP pada bidang studi kearsipan meski guru sudah memakai model pembelajaran yang diadopsi serta mengacu dari Kemendibud 2013 yakni model belajar berbasis masalah atau problem based learning serta model belajar berbasis penemuan atau discovery learning. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh yang diberikan kedua model terhadap hasil belajar siswa di sekolah yang sedang diteliti yakni SMKS Karya Bunda Mandiri. Jenis penelitian yang dipakai dalam melaksanakan penelitian ini ialah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif atau angka. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa dengan total yakni 30 orang. Sehingga sebanyak 30 orang inilah yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Dalam melaksanakan penelitian teknik yang dipakai dalam upaya mengumpulkan data atau informasi ialah teknik observasi di sekolah dan kelas, wawancara guru dan siswa, pembagian angket serta mendokumentasikan informasi. Kevalidan angket dihitung memakai korelasi product moment serta memakai cronbach alpha untuk menguji reliabilitas angket. Analisis data pada penelitian ini memakai uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, regresi linear berganda serta pengujian hipotesis yakni uji T, F, & R2. Data diolah menggunakan bantuan IBM SPSS versi ke- 25. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh positif dan signifikan model PBL terhadap hasil belajar siswa melalui uji parsial (uji t) dnegan t-hitung sebesar 2,163 > t-tabel 2,051 signifikansi (0,04 < 0,05). Begitu juga dengan pengaruh discovery learning terhadap hasil belajar yakni nilai t-hitung sebesar 3,509 > t-tabel 2,051 pada taraf signifikansi 0,002 < 0,05. Kemudian melalui uji F ada pengaruh kedua motode pada hasil belajar melalui F-hitung 10, 876 > F-tabel 3,35, pada signifikansi (0,000<0,05). Hasil uji R2 yakni kedua model dengan nilai sebesar 0,546 yang artinya berpengaruh 54,6% terhadap hasil belajar siswa kelas XII-OTKP pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMKS Karya Bunda Mandiri Medan Tahun Pelajaran 2022/ 2023 serta sisanya sebesar 45,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:03
Last Modified: 25 Jan 2024 01:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53878

Actions (login required)

View Item
View Item