Sitinjak, Ryan Fernando (2022) STRATEGI GURU PPKN DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19(Studi Deskriptif Pada Siswa SMA Negeri 1 Sumbul). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.3183111045 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM.3183111045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM.3183111045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM.3183111045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM.3183111045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. NIM.3183111045 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM.3183111045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM.3183111045 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM.3183111045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
13. NIM.3183111045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14. NIM.3183111045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PPKn dalam penguatan karakter siswa di era pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 adapun rumbul. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam penguatan karakter siswa pada pembelajaran online di era pandemi covid- 19 dan bagaimana hambatan guru dalam penguatan karakter siswa pada pembelajaran online di era pandemi Covid-19. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang guru PPKn dan 1 orang Kepala Sekolah, serta 5 siswa SMA Negeri 1 Sumbul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam mata pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 dengan metode pemberian tugas dan metode diskusi dengan disisipi materi mengenai karakter siswa selama proses pembelajaran. Kendala yang dihadapi selama melaksanakan strategi penguatan
karakter siswa yaitu kurangnya motivasi belajar siswa, siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru disebabkan guru juga kurang memahami materi dengan baik, penjelasan terkait nilai-nilai karakter sebagai contoh yang diberikan kepada siswa oleh guru masih sedikit, serta sosialisasi nilai-nilai karakter terhadap siswa tidak dilakukan secara maksimal. Upaya yang harus dilakukan untuk penguatan karakter siswa melalui pembelajara PPKn yaitu perlunya kerjasama dengan orang tua siswa , memanfaatkan media di internet, dan melakukan sosialisasi nilai karakter kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Guru PPKn; Penguatan Karater; Pandemi Covid-19. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:48 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53834 |