Silaban, Debora Grafida (2016) STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANCUR BATU SEMESTER GENAP T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 3113331006 Cover..pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
02. 3113331006 Pengesahan..pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
03. 3113331006 Abstrak..pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04. 3113331006 Kata Pengantar..pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
05. 3113331006 Daftar Isi..pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
06. 3113331006 Daftar Tabel..pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
07. 3113331006 Daftar Gambar..pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. 3113331006 Daftar Lampiran..pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. 3113331006 BAB I..pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
15. 3113331006 BAB VI..pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
09. 3113331006 Daftar Pustaka..pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Kesulitan belajar siswa disebabkan faktor siswa, sekolah, keluarga dan masyarakat sekitar pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu Semester Genap T.P 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pancur Batu 2016. Populasi adalah seluruh siswa yang memiliki nilai hasil belajar yang tidak tuntas di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu Semester Genap T.P 2014/2015 yang berjumlah 37 orang. Mengingat jumlah populasi terbatas maka dijadikan sekaligus bagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan studi documenter. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan : (1). Kesulitan belajar siswa disebabkan faktor siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pancur Batu Semester Genap T.P 2014/2015. Faktor yang menjadi penyebab adalah aktivitas belajar siswa yang kurang dalam mempelajari materi geografi yang sebagian besar siswa(rata-rata 53,15%) mengalami kesulitan belajar dalam kategori cukup sulit. (2). Kesulitan belajar siswa disebabkan faktor sekolah dan penyebabnya yakni hubungan siswa dengan guru geografi yang kurang harmonis, kurangnya penggunaan metode bervariasi, kurang memadai media yang digunakan guru, kurang memadainya buku-buku bacaan geoografi diperpustakaan (rata-rata 52,43%) mengalami kesulitan belajar dalam kategori cukup sulit, (3). Kesulitan belajar yang disebabkan faktor keluarga dan penyebabnya yakni kurangnya kelengkapan alat-alat belajar siswa, kurangnya biaya pendidikan, perhatian orang tua kurang memadai dalam memperhatikan dan menganjurkan belajar termasuk dalam menegur pada saat memperoleh nilai yang tidak tuntas dan fasilitas rumah tidak terpelihara dengan baik yang mana siswa yang paling banyak (rata-rata 45,04 %) mengalami kesulitan belajar dalam kategori cukup sulit dan (4). Kesulitan belajar disebabkan faktor masyarakat dan penyebabnya adalah lingkungan masyarakat sebagai tempat bergaul dan siswa lebih banyak menonton acara televisi daripada belajar dimana siswa paling banyak (rata-rata 50,00 %) mengalami kesulitan belajar dalam kategori cukup sulit sehingga nilai hasil belajar siswa dalam mata pelajaran geografi tidak tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 037 |
Keywords: | IPS; Akademik; Anak Didik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 May 2016 01:50 |
Last Modified: | 24 May 2016 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5382 |