Purba, Friskilawati (2022) Strategi Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Pkn Di SMPN 2 Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 3182111020 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2.NIM. 3182111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3.NIM. 3182111020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4.NIM. 3182111020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
5.NIM. 3182111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6.NIM. 3182111020 CHART.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7.NIM. 3182111020 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8.NIM. 3182111020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9.NIM. 3182111020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13.NIM. 3182111020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14.NIM. 3182111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Guru dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Pkn di SMPN 2 Tanjung Morawa.Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah derasnya arus globalisasi dikhawatirkan akan berdampak pada terkikisnya rasa kecintaan anak terhadap budaya lokal. kearifan lokal pada pelajaran PPKn menuntut para pendidik berkontribusi penuh dalam penanaman nilai gotong royong, nilai religious, nilai moral, toleransi dan etika dalam rangka mewujudkan bangsa yang berbudaya dengan mempertahankan kearifan lokal masing-masing dalam setiap daerah. Adapun metode penelitian yang digunakan mengenai Strategi guru PPKn dalam
menginternalisasikan nilai-nilai kearifan lokal di SMPN 2 Tanjung Morawa adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn kelas VIII, serta 6 orang siswa kelas VIII SMP NEGERI 2
Tanjung Morawa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data (display data), verifikasi (menarik kesimpulan), dan metode
observasi (pengamatan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai kearifan lokal melalui pembelajaran PPKn di SMPN 2 Tanjung Morawa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah atau bercerita yang dikontekstualkan dengan kehidupan sehari-hari siswa, metode pembelajaran koperatif dan diskusi kelas. Hal ini dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk mempermudah menginternalisasikan nilai- nilai kearifan lokal pada peserta didik. Karena materi yang ada dikaitkan dengan
kondisi nyata yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Seperi mengkaitakan pembelajaran PPKn materi kedudukan dan fungsi Pancasila. 2) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam menginternalisasikan nilai-nilai kearifan lokal adalah dimana kurangnya fasilitas sekolah dalam meningkatkan nilai-nilai kearifan lokal serta kurangnya pemahaman dan kesadaran siswa mengenai budaya lokal sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai-Nilai Kearifan lokal; Srategi Guru PPKn |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM661 Social control L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:59 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53816 |