Sembiring, Meliani Br (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.3183121023 COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2. NIM.3183121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
3. NIM.3183121023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM.3183121023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM.3183121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
6. NIM.3183121023 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM.3183121023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
8. NIM.3183121023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
12. NIM.3183121023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM.3183121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Pembelajaran Flip Chart terhadap hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest post-tes design, yaitu ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dengan
kelas kontrol agar dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIPA SMA Negeri 2 Medan yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah seluruh siswa
292 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu teknik memilih sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang
ada dalam populasi, dimana kelas eksperimen adalah kelas X MIPA I yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Flip Chart dan kelas kontrol adalah kelas X MIPA III yang diajarkan dengan media pembelajaran peta konsep. Berdasarkan
hasil penelitian nilai rata-rata siswa pada kelas X MIPA 1 adalah sebesar 81,83 sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas X MIPA III adalah 60,5. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji t dan taraf kepercayaan ά = 0,05 dimana Thitung > Ttabel yaitu 13,03> 1,507 dengan demikian dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara media pembelajaran Flip Chart dengan media pembelajaran peta konsep yang lebih tinggi hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan media Pembelajaran Flip
Chart
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran Flip Chart; Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:33 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53800 |