Juliani, Indah (2022) “Pengembangan Soal Sejarah Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Pendudukan Jepang Di Indonesia Kelas XI Di MAS Al-Falah Simpang Kanan Kab. Rokan Hilir”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173321019 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 3173321019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
3. NIM. 3173321019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 3173321019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 3173321019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 3173321019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 3173321019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 3173321019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. NIM. 3173321019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
13. NIM. 3173321019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM. 3173321019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal sejarah berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Pendudukan Jepang di Indonesia kelas XI di Mas Al-Falah Simpang Kanan, Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE, yaitu tahap analsis (Analysis), tahap perancangan (Design,) dan tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (Evaluation). Produk soal sejarah berbasis HOTS dalam penelitian ini dilakukan validasi selama dua kali oleh dua validator, yaitu Dosen sejarah dan guru sejarah. Subjek dan objek penelitian ini adalah siswa MAS Al-Falah Simpang Kanan Kab. Rokan Hilir dengan jumlah peserta didik yaitu 20 siswa. Berdasarkan penilaian akhir pada Rekapitulasi Hasil Validasi Kelayakan (RHVK) RPP oleh dua validator diperoleh skor rata-rata total 3,52 dengan persentase 88,15 % dengan kategori “Layak”. Hasil penilaian akhir pada Rekapitulasi Hasil Validasi Kelayakan (RHVK) Kisi-kisi soal oleh dua validator diperoleh skor rata-rata total 3,45 dengan persentase diperoleh 86,25 % dengan kategori “Layak”. Hasil penilaian akhir pada Rekapitulasi Hasil Validasi Instrumen Telaah Soal (HOTS) (RHVI) oleh dua validator diperoleh skor rata-rata total 3,6 dengan persentase 90 % dengan kategori “Layak”. Hasil yang diperoleh dari rekapitulasi oleh 2 validator diatas yaitu dengan persentase 88,13 %. Pengembangan soal HOTS dalam penelitian ini juga dilakukan analisis tes hasil yaitu uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; HOTS; ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:31 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53799 |