Syafitri, Hera Febrian (2022) Analisis Aktivitas Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3172131002 COVER.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
2. NIM. 3172131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
3. NIM. 3172131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
4. NIM. 3172131002 STATEMENT OF AUTHENTICITY.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM. 3172131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 3172131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
7. NIM. 3172131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
8. NIM. 3172131002 TABLE OF LIST.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
9. NIM. 3172131002 TABLE OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
10. NIM. 3172131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
15. NIM. 3172131002 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
16. NIM. 3172131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : Aktivitas belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan pada masa pandemi Covid- 19 dari dilihat dari cara belajar, interaksi dengan dosen, interaksi sesama masiswa, mengakses sumber belajar, penyelesaian tugas, kuliah lapangan, dan memanfaatkan waktu luang. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNIMED dengan populasi seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan angkatan 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021 yang berjumlah 653 mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah menggunakan teknik proportional stratified sampling dan ditetapkan 15% dari masing-masing angkatan sehingga diperoleh 98 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara dan studi dokumen kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Aktivitas belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan pada masa pandemi covid 19 dilihat dari cara belajar, interaksi mahasiswa dengan dosen, interaksi antar sesama mahasiswa, mengakses sumber belajar, penyelesaian tugas, kuliah lapangan dan pemanfaatan waktu luang sudah berjalan dengan baik/efektif, baik aktivitas belajar mahasiswa tingkat pertama, tingkat menengah maupun mahasiswa tingkat akhir. Meskipun sudah terlaksana dengan baik masih terdapat beberapa kesulitan yang dirasakan oleh mahasiswa saat melaksanakan aktivitas belajar dimasa pandemi covid-19. Sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa aktivitas pembelajaran daring yang telah dilakukan kurang efektif karena aktivitas belajar yang dibatasi secara virtual dan tidak seintens sebelum pandemi covid-19. Hal tersebut mengharuskan setiap mahasiswa untuk bisa beradaptasi dengan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Pada masa pandemi covid-19 aktivitas belajar lebih banyak dihabiskan di rumah yang membuat sebagian besar mahasiswa mengisi waktu luang dengan kegiatan membantu orang tua dirumah dan hanya sedikit yang memanfaatkan waktu luangnya untuk kegiatan internal maupun eksternal kampus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-GEO-016 |
Keywords: | Aktifitas Belajar; Mahasiswa; Pandemi; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:17 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53761 |