Malau, Pitaria Juneta (2021) MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM PADA MATERI NOTASI MUSIK (NOT BALOK) DI KELAS X MIA-1 SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2171142014 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 2171142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
3. NIM 2171142014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 2171142014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 2171142014 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 2171142014 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 2171142014 GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 2171142014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 2171142014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. NIM 2171142014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
14. NIM 2171142014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan membahas pembelajaran pada materi notasi musik (not
balok) dengan model pembelajaran superitem, hasil belajar notasi musik (not balok)
dengan menggunakan model pembelajaran superitem dan kesulitan menggunakan
model pembelajaran superitem pada materi pelajaran notasi musik (not balok) di
kelas X Mia-1 SMA Negeri 1 Batang Kuis yang dilaksanakan pada tanggal Mei
2021/Juli 2021 di Jln. Pancasila, Gg. Pendidikan, Desa Paya Gambar, Kec. Batang
Kuis, Kab. Deli Serdang.
Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran, teori model pembelajaran, metode
pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, teori model pembelajaran
superitem, teori notasi musik, teori notasi balok, teori kesulitan belajar, dan teori
hasil belajar. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data dengan
observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan sampel 20 siswa pada kelas X Mia-1 yang mengikuti
pembelajaran secara daring dan luring dan seorang guru seni musik di SMA Negeri
1 Batang Kuis.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran notasi musik (not balok)
menggunakan model pembelajaran superitem di kelas X Mia-1 SMA Negeri 1
Batang Kuis dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan dean masing-masing
pertemuan terdapat tiga tahap yaitu pendahuluan, inti, penutup dengan dua kali
pertemuan secara zoom meeting dan satu kali pertemuan terakhir secara tatap muka
(luring) . Hasil belajar yang dicapai siswa lebih baik dan efesien dengan model
pembelajaran superitem yang didalamnya mencakup penilaian kognitif dan juga
penalaran serta pemahaman siswa secara sistematis. Kesulitan pada pembelajaran
ini yaitu siswa yang kurang teliti dalam membaca not, kurangnya bahan pelajaran
karena kendala jaringan, keterbatasan media yang digunakan selama pembelajaran,
waktu dan tempat untuk belajar dan juga kurangnnya dukungan dari orangtua akibat
kondisi perekonomian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 07:19 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53756 |