Mahara, Yulia Noni (2022) Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Swasta Buah Hati Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183342023 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 7183342023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM. 7183342023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
4. NIM. 7183342023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM. 7183342023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM. 7183342023 TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7. NIM. 7183342023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 7183342023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 7183342023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 7183342023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM. 7183342023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam
mengembangkan sosial anak usia 5-6 tahun yang memiliki tuga empat komponen
yaitu peran guru sebagai model, peran guru sebagai pembimbing, peran guru
sebagai pelatih, peran guru sebagai penilai di TK Swasta Buah Hati Kecamatan
Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini ialah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini adalah 2 guru kelas di TK Swasta Buah Hati. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan
bahwasannya Peran guru sebagai model dalam mengembangkan sosial anak 5-6
tahun guru mengaplikasikannya melalui pemberian contoh-contoh menggunakan
media berupa gambar atau cerita bergambar bahkan terkadang guru itu sendiri
yang menjadi modelnya/contohnya bagi anak didiknya. Peran guru sebagai
pembimbing dalam mengembangkan sosial anak 5-6 tahun dilakukan dengan cara
mengarahkan melalui metode bercakap-cakap kepada anak-anak secara langsung
dengan bahasa dan tutur kata yang lemah lembut. Peran guru sebagai pelatih
dalam mengembangkan sosial anak 5-6 tahun guru melakukan perannya dengan
cara menanamkan norma melalui pembiasaan-pembiasan dan/atau pelatihan terusmenerus.
Peran guru sebagai penilai dalam mengembangkan sosial anak 5-6 tahun
artinya guru berperan sebagai penilai/evaluasi yang dilakukan dengan cara menilai
norma yang ditampilkan anak menggunakan format penilaian ceklist dan catatan
anekdot disertai juga dengan beberapa kriteria-kriteria tertentu yang sesuai dengan
standar penilaian bagi anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru;Sosial Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 04:10 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53741 |