ANALISIS SARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP KETRAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI SE-KOTA TANJUNGBALAI

Nuada, I Made (2015) ANALISIS SARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP KETRAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI SE-KOTA TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136174014 JUDUL. pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136174014 JUDUL. pdf.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136174014 LEMBAR PENGESAHAN. pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136174014 LEMBAR PENGESAHAN. pdf.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136174014 ABSTRAK-ABSTRACT. pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136174014 ABSTRAK-ABSTRACT. pdf.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136174014 KATA PENGANTAR. pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136174014 KATA PENGANTAR. pdf.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136174014 DAFTAR ISI. pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136174014 DAFTAR ISI. pdf.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136174014 DAFTAR TABEL. pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136174014 DAFTAR TABEL. pdf.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136174014 DAFTAR GAMBAR. pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136174014 DAFTAR GAMBAR. pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136174014 DAFTAR LAMPIRAN. pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136174014 DAFTAR LAMPIRAN. pdf.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136174014 BAB I PENDAHULUAN. pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136174014 BAB I PENDAHULUAN. pdf.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136174014 BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI, & SARAN. pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136174014 BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI, & SARAN. pdf.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136174014 DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136174014 DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran kondisi sarana laboratorium; (2) Intensitas penggunaan Laboratorium Biologi dalam menunjang pembelajaran; (3) Faktor penghambat yang dihadapi guru biologi dalam pemanfaatan Laboratoruium; (4) Hubungan sarana laboratorium terhadap keterampilan proses sains; (5) Hubungan sarana laboratorium terhadap hasil belajar; (6) Hubungan intensitas penggunaan laboratorium terhadap keterampilan proses sains; dan (7) Hubungan intensitas penggunaan laboratorium terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri se-Kota Tanjungbalai. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru biologi dan siswa kelas XI IPA. Data dikumpul menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara, keterampilan proses sains diperoleh melalui kegiatan praktikum dan hasil belajar melalui tes pilihan berganda. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keadaan laboratorium kategori sangat baik (86,31%), dokumentasi kategori kurang baik (50,89%), perlengkapan kategori baik (67,85%), frekuensi pemanfaatan kategori baik (65,63%), keterampilan pengelolaan kategori baik (63,69%), keselamatan dan kesehatan kerja kategori kurang baik (55,71%); (2) Intensitas penggunaan laboratorium rata-rata 5 kali dalam satu semester; (3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat pemanfaatan laboratorium: (1) Perlengkapan yang tidak memadai; (2) Kurangnya pelatihan menggunakan laboratorium; (3) Kompetensi guru yang kurang memahami penggunaan alat dan bahan; (4) Kurangnya waktu dalam melaksanakan kegiatan praktikum. (4) Hubungan sarana laboratorium terhadap keterampilan proses sebesar 0.891 uji signifikansi 0,007; (5) Hubungan sarana laboratorium terhadap hasil belajar 0.898 dengan uji signifikansi 0,006; (6) Hubungan intensitas penggunaan laboratorium terhadap keterampilan proses sains 0,769 dengan hasil uji signifikansi 0,043; dan (7) Hubungan intensitas penggunaan laboratorium terhadap keterampilan proses sebesar 0,887 dengan uji signifikansi 0,008.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.707 12 Nua a
Keywords: Pembelajaran biologi; Hasil belajar; Laboratorium; Praktikum; Proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 May 2016 08:07
Last Modified: 23 May 2016 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item
View Item