Mardiah (2016) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS MAN KISARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3112131011 Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 3112131011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
3. NIM. 3112131011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM. 3112131011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 3112131011 Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM. 3112131011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 3112131011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 3112131011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 3112131011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
10. NIM. 3112131011 Bab I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
15. NIM. 3112131011 Bab VI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pengaruh disiplin dan lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XII IPS MAN Kisaran tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kisaran tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN Kisaran yaitu kelas XII IPS yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 102 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 102 orang siswa yang diambil secara total sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi dokumenter dan teknik komunikasi tidak langsung melalui penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase kemudian dianalisis dengan analisis regresi ganda, uji F (simultan) dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Terdapat pengaruh antara disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Geografi kelas XII IPS MAN Kisaran dimana persentase disiplin belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi (68,63%), dan lingkungan belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi (49,02%), sedangkan hasil belajar mata pelajaran geografi termasuk dalam kategori sangat tinggi (100%). Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 92,691 + 0,059X1 – 0,047X2. Besarnya pengaruh secara simultan atau bersama-sama dari disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dimana Fhitung > Ftabel (23,857 > 3,09). Koefisien determinasi (R2) memberikan kontribusi sebesar 0,402 yang menjelaskan bahwa disiplin belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi (Y) sebesar 40,2%, sedangkan sisanya 59,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 054 |
Keywords: | Guru; Man Kisaran; Struktur Organisasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 May 2016 07:44 |
Last Modified: | 23 May 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5370 |