ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA KTSP SE-RAYON SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Purba, Luat Katrini Restu (2016) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA KTSP SE-RAYON SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 3113131023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 3113131023 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 2. 3113131023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 3113131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 3. 3113131023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 3113131023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 4. 3113131023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 3113131023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. 3113131023 TABLES OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 3113131023 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 6. 3113131023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 3113131023 TABLES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 7. 3113131023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 3113131023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. 3113131023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 3113131023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. 3113131023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
9. 3113131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 10. 3113131023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. 3113131023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 15. 3113131023 CHAPTER VI.pdf]
Preview
Text
15. 3113131023 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan pembelajaran IPS Terpadu Pada KTSP Se-Rayon SMP Negeri 37 Medan. (2) kesulitan yang dihadapi para guru dalam penerapan pembelajaran IPS Terpadu Pada KTSP Se-Rayon SMP Negeri 37 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan Se-Rayon SMP Negeri 37 Medan 2015. Populasi penelitian adalah seluruh guru IPS Terpadu Se-Rayon SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 15 orang dan mengingat populasi sedikit, maka sekaligus dijadikan sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam penerapan pembelajaran IPS sudah sepenuhnya menerapkan sistem mengajar IPS Terpadu tidak lagi menggunakan sistem mengajar IPS terpisah-pisah menurut latar belakang pendidikan guru yang mengajar (2) kesulitan para guru dalam penerapan pembelajaran IPS Terpadu antara lain: (a) menyusun dan menyajikan bahan ajar secara sistematis dengan jumlah 11 guru (73,33%); (b) menerapkan mengajar IPS Terpadu dengan cara team teachingdengan jumlah 8 guru (53,33%); (c) mengaitkan suatu materi dengan pengetahuan lain melalui iptek dan kehidupan nyata dengan jumlah 6 guru (40%); (d) menentukan alokasi waktu untuk setiap langkah kegiatan (pendahuluan, inti dan penutup) tiap materi pembelajaran dengan jumlah 7 guru (46,67%); (e) menyesuaikan tujuan pembelajaran dengan kebutuhan belajar peserta didik dengan jumlah 6 guru (40%); (f) mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang sedang berkembang dengan jumlah 7 guru (46,67%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 GEO 034
Keywords: Kesulitan Guru; Pembelajaran; IPS Terpadu
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 May 2016 07:37
Last Modified: 23 May 2016 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5369

Actions (login required)

View Item
View Item