Purba, Luat Katrini Restu (2016) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA KTSP SE-RAYON SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3113131023 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. 3113131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3. 3113131023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. 3113131023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. 3113131023 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. 3113131023 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. 3113131023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 3113131023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 3113131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
10. 3113131023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
15. 3113131023 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan pembelajaran IPS Terpadu Pada KTSP Se-Rayon SMP Negeri 37 Medan. (2) kesulitan yang dihadapi para guru dalam penerapan pembelajaran IPS Terpadu Pada KTSP Se-Rayon SMP Negeri 37 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan Se-Rayon SMP Negeri 37 Medan 2015. Populasi penelitian adalah seluruh guru IPS Terpadu Se-Rayon SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 15 orang dan mengingat populasi sedikit, maka sekaligus dijadikan sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam penerapan pembelajaran IPS sudah sepenuhnya menerapkan sistem mengajar IPS Terpadu tidak lagi menggunakan sistem mengajar IPS terpisah-pisah menurut latar belakang pendidikan guru yang mengajar (2) kesulitan para guru dalam penerapan pembelajaran IPS Terpadu antara lain: (a) menyusun dan menyajikan bahan ajar secara sistematis dengan jumlah 11 guru (73,33%); (b) menerapkan mengajar IPS Terpadu dengan cara team teachingdengan jumlah 8 guru (53,33%); (c) mengaitkan suatu materi dengan pengetahuan lain melalui iptek dan kehidupan nyata dengan jumlah 6 guru (40%); (d) menentukan alokasi waktu untuk setiap langkah kegiatan (pendahuluan, inti dan penutup) tiap materi pembelajaran dengan jumlah 7 guru (46,67%); (e) menyesuaikan tujuan pembelajaran dengan kebutuhan belajar peserta didik dengan jumlah 6 guru (40%); (f) mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang sedang berkembang dengan jumlah 7 guru (46,67%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 034 |
Keywords: | Kesulitan Guru; Pembelajaran; IPS Terpadu |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 May 2016 07:37 |
Last Modified: | 23 May 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5369 |