Harahap, Nurul Fadila (2022) NILAI-NILAI EDUKATIF PADA KUMPULAN CERITA PENDEK KERETA TIDUR KARYA AVIANTI ARMAND DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS CERPEN DI SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173311053 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM 2173311053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. NIM 2173311053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM 2173311053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM 2173311053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 2173311053 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 2173311053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 2173311053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
12. NIM 2173311053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM 2173311053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjadikan hasil dari nilainilai
edukatif dalam cerpen kereta tidur Karya Avianti Armand sebagai
pendamping bahan ajar teks cerpen di SMP. Metode penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di SMP. Data
dalam penelitian ini adalah hasil proses pengkajian cerpen kereta tidur Karya
Avianti Armand. Data tersebut berupa kata, kalimat, atau ungkapan yang terdapat
dalam cerita. Dan sumber datanya diambil dari keseluruhan isi dari cerpen kereta
tidur Karya Avianti Armand yang diterbitkan oleh Penerbit PT Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta 2019. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi.
Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan metode pustaka dan
catat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai-nilai edukatif yang terdiri dari nilai
edukatif relegius, nilai edukatif moral, nilai edukatif etika dan nilai edukatif sosial
dalam cerpen kereta tidur karya Avianti Armand. Dari hasil pembahasan tersebut
dapat disimpulakan nilai edukatif moral dan nilai edukatif sosial yang paling
dominan sekitar 60% dimana membahas tentang pergaulan bebas para remaja
yang berdampak pada diri sendiri sendiri dan juga orang sekitar. Selain itu luaran
dari penelitian ini yaitu bahan ajar Handout KD 3.5 dan 4.5 sebagai bahan ajar
pendamping yang nantinya bisa digunakan oleh guru pada saat siswa belajar pada
materi unsur-unsur pembangun teks cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai-nilai Edukatif, Cerpen Kereta Tidur, Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 02:59 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 06:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53677 |