Suhardianto, Dedi (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 106161 LAUT DENDANG DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8136181003 - 01. C0VER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 02. LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 09. BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 13. BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
NIM. 8136181003 - 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SD Negeri 106161 Laut Dendang Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara terintegrasi pada seluruh bidang studi seperti PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh: (1) rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal selama siklus I sebesar 2,32 (belum aktif) dengan jumlah siswa yang aktif belajar sebesar 53% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64 (belum tuntas) dengan ketuntasan klasikal sebesar 53,4%; dan (2) rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal selama siklus II sebesar 3,11 (aktif) dengan jumlah siswa yang aktif belajar sebesar 87% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 81,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SD Negeri 106161 Laut Dendang Deli Serdang. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 34% yaitu persentase siswa yang aktif belajar pada siklus II (87%) lebih besar dibandingkan pada siklus I (53%) serta peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 36,6% yaitu persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II (90%) lebih besar dibandingkan pada siklus I (53,4%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.102 Suh p |
Keywords: | Hasil belajar; Aktivitas belajar; Materi ajar; Numbered heads together |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:31 |
Last Modified: | 23 May 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5365 |