Purba, Debby Sevenly (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI DI SMA NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183321026 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2.NIM 4183321026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM 4183321026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM 4183321026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5. NIM 4183321026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM 4183321026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM 4183321026 CHAPTER V'.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM 4183321026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) berbantuan Flip Pdf Corporate pada materi Suhu dan Kalor yang berkualitas layak
untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran, mengetahui respon pengguna terhadap e-modul yang sudah dikembangkan serta mengukur keefektifan e-modul dalam peningkatan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 orang
siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembanan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Instrumen yang digunakan penelitian ini terdiri dari angket kelayakan ahli materi dan dan ahli media, serta angket respon guru bidang studi dan siswa, serta soal pretestpostest. Berdasarkan hasil analisis data uji kelayakan diperoleh validasi dosen ahli materi sebesar 83% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media sebesar 84% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon pengguna yaitu guru fisika sebesar 96% dengan kriteria sangat layak dan respon siswa pada uji kelompok kecil dengan responden 10 siswa memperoleh 77% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba kelompok besar pada responden 34 orang diperoleh 87% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan tes hasil belajar pretest-postest diperoleh perhitungan nilai gain sebesar 0,56 dengan kriteria efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Dengan demikan, hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis STEM layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran, terutama pada materi Suhu dan Kalor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 023 |
Keywords: | Bahan ajar; Modul elektronik; Suhu; Kalor; Flip PDF corporate edition |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 05:32 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53631 |