Naibaho, Apri Tarida (2023) DESAIN EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE KELAS XI DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153321003 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 4153321003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 4153321003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. NIM. 4153321003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM. 4153321003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 4153321003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM. 4153321003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM. 4153321003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran computer based test (CBT) berbasis Moodle yang memenuhi tingkat kelayakan media pembelajaran pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4D (four D model) dari Thiagarajan. Adapun tahapan yang akan digunakan terdiri dari tiga tahap, yaitu: a) pendefinisian (define), b) perancangan (design), c) pengembangan (develop), dan d) tahap penyebaran
(disseminate). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan uji terbatas skala kecil dan dilaksanakan hingga sampai tahapan design, dikarenakan keterbatasan waktu dalam pelaksaan penelitian ini. Tahap define dilakukan untuk analisis kebutuhan siswa melalui obeservasi dan wawancara, membuat tujuan serta merumuskan konsep CBT. Sebelum diujicobakan pada siswa, instrumen soal terlebih dahulu divalidasi oleh
pakar validasi materi dan validasi ramalan. Sampel pengujian media dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Pecut Sei Tuan. Computer Based Test berbasis moodle dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi materi secara keseluruhan 85% dengan kategori sangat baik, hasil validasi ahli media secara keseluruhan sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Ini membuktikan bahwa penerapan CBT sangat banyak memiliki keuntungan dan CBT sangat efektif digunakan dalam pemberian
evaluasi kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 FIS 030 |
Keywords: | Computer based test; E-learning; Moodle; Hasil belajar; Elastisitas; Hukum hooke; Teknologi informasi dan komunikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:56 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53628 |